Arsip Blog

Selasa, 25 Mei 2010

INTERNET

               I N T E R N E T                                         
Memang,  akhir-akhir ini aku jarang sekali membaca koran, majalah atau buku-buku, yang telah menjadi hobiku selama ini. Sekarang sumber bacaanku beralih ke internet yang lebih kaya  informasi,   apa saja ada di dalamnya. Kecanggihan teknologi hasil peradaban manusia ini, selalu menarik untuk diikuti.
Seperti halnya malam ini. Aku bergegas menuju warnet terdekat. Pukul 20.00 malam, aku sudah sampai di warnet yang tidak begitu jauh dari tempat tinggalku, hanya sepuluh menit perjalanan. Semua bilik terisi penuh, tetapi semua hening, hanya suara tut keyboard computer yang berbunyi tanda mereka aktif berpindah dari satu situs ke situs lainya..
Sepak bola adalah  situs pertama yang aku kunjungi. Ini adalah olah raga  favoritku, aku buka situs tabloid bola dan lihat lembar ole nasional yang memberitakan perkembangan sepak bola di dalam negeri. Jadwal pertandingan LSI, rencana kongres PSSI, ulah supporter, wasit yang tidak tegas, padatnya jadwal pertandingan yang dikeluhkan  tim peserta liga, perekrutan pemain asing yang tidak berkualitas, up date klasemen terakhir, pemecatan pelatih dan penunjukan pelatih baru, keringnya prestasi tim nasional, bubarnya sebuah tim karena kekurangan dana, dan informasi lainya yang berkaiatan dengan sepak bola dalam negeri.  Jujur, Sebenarnya tak ada yang menarik dari sepak bola dalam negeri, tapi entahlah mengapa aku selalu ingin mengikuti perkembanganya.
National geographic menjadi situs ke dua yang aku kunjungi. Informasi tentang traveling dan tourisme, budaya sebuah suku atau masyarakat di sebuah negara, landscape dan panorama, kehidupan binatang dan informasi apa saja tersaji lengkap dengan tampilan-tampilan gambar, baik photo maupun video yang   menarik dan canggih. Sangat bermanfaat bagi siapa saja yang menyukai wawasan dan informasi global  di seluruh belahan dunia.
 Jam  menunjukan pukul 22.00 wib ,  ketika aku membuka situs kuliner. Heran, kenapa aku membukanya. Karena selama ini aku tak begitu peduli dengan kuliner apapun. Tidak ada jenis kuliner tertentu yang begitu aku sukai, demikian sebaliknya tak ada  kuliner tertentu yang tidak aku sukai. Aku tipe orang omnivora,  pemakan segalanya. Tapi Mungkin tidak ada salahnya jika aku surfing lebih mendalam,  barangkali ada  sesuatu yang bermanfaat bagiku. Masakan cina, masakan Jepang, masakan Barat, dan masakan-masakan dari berbagai negara lainya,  tersaji dengan lengkap di situs itu. Namanya aneh-aneh.   Apapun macam-macam kuliner itu,   tapi bagiku, sego megono adalah makanan yang  paling lezat di dunia.  “Sego megono, the  most delicious  culiner in the world.” he…he…he…
Jam terus bergerak semakin malam,  menunjuk pada pukul 00.00 wib,  tak terasa aku sudah membuka banyak situs. Situs budaya,  pariwisata, militer, berbagai macam game online, situs kesehatan, situs ramalan dan astrologi, dan berbagai iklan yang menawarkan cara sepat mendapatkan uang.
Sebagai pengguna internet, sebenarnya aku nggak tahu pasti,  situs-situs apa yang aku minati. Hampir semua informasi yang ada pada internet semuanya aku akses. Mungkin rasa penasaranku kepada informasi yang di sajikan internet lebih besar dibandingkan  keinginan untuk mengambil manfaat dari internet.
Aku ketik J. Kartiko pada halaman awal Mozilla, itu adalah nama blogku. Blog yang aku buat belum terlalu lama, sekitar lima bulan yang lalu. Aku buka satu-persatu tulisan yang pernah  aku posting ke blogku . Aku bergumam,  …..lumayan juga untuk seorang blogger yang new comer. Aku coba perhatikan fitur-fiturnya , dari situ muncul keinginan untuk terus membuat tulisan-tulisan ringan lainya. Blog Inilah  salah satu fasilitas yang membuat aku menyukai internet. Tempat aku berekpresi dan menumpahkan segala uneg-uneg yang ada dalam pikiranku.
Aku tinggalkan blogku, dan mencoba membuka berita-berita hangat lainya yang sekarang  sedang terjadi di Indonesia. Makelar kasus, begitulah judul dengan tulisan yang cukup besar. Kasus-kasus korupsi yang sering terjadi di indonesia dan mendapat porsi pemberitaan yang besar menunjukan bahwa Indonesia adalah negara yang korup . Ada sekitar sepuluh tulisan yang semuanya membahas masalah korupsi, di ulas dari berbagai sudut pandang yang disampaikan banyak pakar dari berbagai disiplin ilmu.
Kembali aku bertanya mengapa begitu gampangnya orang melakukan korupsi. Apakah karena faktor kemiskinan, kebodohan, atau mentalitas aparat yang rendah sehingga menggunakan jabatan mereka untuk memperkaya diri sendiri, Ataukah kerena lemahnya pengawasan dan penegakkan hukum, karena sering pelaku korupsi yang diproses di pengadilan  di hukum sangat ringan, bahkan sering kali di antara mereka dibebaskan. Hal ini jelas  berakibat pada terusiknya rasa keadilan di masyarakat.
Para pakar banyak mengemukakan analisa, pendapat maupun opininya, tetapi tak ada dari pendapat-pendapat mereka yang mampu mengurai permasalahan korupsi ini secara tuntas. Kapan bangsa ini akan terbebas dari masalah besar yang sangat menyengsarakan rakyat ini. Tidak ada yang tahu pasti.
Berita-berita politik sebenarnya tidak begitu menarik bagiku, karena seringkali berita-berita itu justru membuatku emosi dan geregetan. Tetapi kadang, aku tertarik untuk mengikuti beritanya.
Mataku mengantuk berat ketika aku meninggalkan berita-berita politik yang menjengkelkan itu. Tak berapa lama aku  mendengar  kumandang adzan subuh dari musholla yang tidak jauh dari warnet.  Aku terkejut, aku tengok jamku, ternyata betul menunjukan pukul 04.15 wib. Sepertinya aku telah habiskan semalam suntuk bersama mesin aneh ini.
Oleh Aku
           
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar